^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2014-04-13 09:55:18 - UN sebagai Standar Nasional untuk Pemetaan Mutu Sekolah <0> 2014-03-05 09:57:26 - Kemdikbud Luncurkan Aplikasi Data Pokok Pendidikan Menengah (Dapodikmen) <0> 2014-05-03 10:06:53 - Hardiknas 2014, Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul <0> 2014-04-13 09:53:30 - Mendikbud: Laksanakan Ujian Nasional Secara Jujur, dan Penuh Dedikasi <0> 2015-10-09 19:56:41 - SMK Yuppentek 1 Siap UN Online <0>
Gerakan Nusantara Mengaji Dinilai Mampu Bangun Karakter Bangsa
Diposting pada: 2017-02-18 09:46:23 | Hits : 873 | Kategori: Pendidikan
 

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi saat menerima kunjungan pengurus Nusantara Mengaji di kantornya, Senayan, Jakarta, Jumat 17 Februari 2017. Foto/Istimewa

 

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi berharap para pemuda memiliki semangat yang lebih tinggi untuk mengaji Alquran.

Hal ini disampaikan Imam saat menerima kedatangan pengurus Nusantara Mengaji di Senayan, Jakarta. Imam mengatakan, salah satu upaya membangun semangat mengaji  dapat dilakukan dengan pendekatan membaca Alquran. 

"Kami juga mempunyai program nasional namanya Kirab Pemuda Nusantara yang akan melewati Aceh hingga Papua yang akan dilaksanakan selama empat bulan. Nah, nanti dalam setiap persinggahan diadakan malam mengaji yang menampilkan seni keindahan membaca Alquran," tutur Imam didampingi Pelaksana Tugas Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Asisten Deputi Peningkatan IPTEK dan IMTAQ Pemuda  Esa Sukmawijaya dan Staf Khusus Staf Khusus Bidang Pemuda Zainul Munasichin, Jumat 17 Februari 2017. 

Seni membaca Alquran dikatakannya merupakan syiar Alquran yang menampilkan keindahaan suara dalam membaca Alquran. 

Imam berpendapat, acara seperti malam lailatul qiraah atau haflah tilawah akan menjadi daya tarik agar semarak mengaji Alquran lebih bergelora. "Sebab sekarang anak muda lebih banyak membaca medsos (media sosial) daripada mengaji. Kepalanya tertunduk seperti saat orang mengaji, tapi yang dipegangnya smartphone bukan Alquran. ini yang kita sayangkan," tuturnya. 

Menurut dia, mengaji dapat membangun karakter bangsa yang sejalan dengan program Nawa Cita yang sedang dilaksanakan pemerintah. 

Disambut semangat besar Menpora, Nusantara Mengaji siap mengkolaborasikan niatan itu. Koordinator Nasional Nusantara Mengaji Jazilul Fawaid mengatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia tidak hanya secara fisik, tetapi juga mental spiritual. 

"Agar pembangunan bangsa ini tidak melenceng dari niat awalnya, Nusantara Mengaji di seluruh negeri perlu digalakkan. Dengan program ini seluruh rakyat Indonesia yang muslim hingga ke pelosok desa bisa mendapatkan berkah," katanya.

Dewan Penasihat Nusantara Mengaji KH. Syarif rahmat menilai perhatian Menpora terhadap gerakan mengaji luar biasa. "Pemikiran dan niat Pak Menteri ini sangat baik. Ini termasuk yang man sanna sunnatan hasanah, yakni orang yang mengajak kepada kebaikan maka akan mendapat pahala orang yang mengerjakan kebaikan tersebut," katanya. 

 

Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/1181134/15/gerakan-nusantara-mengaji-dinilai-mampu-bangun-karakter-bangsa-1487403488

 

Posting Lainnya:

« Kembali

MUTIARA HADIST
Waspada Perang Pemikiran:
Rasulullah Bersabda : "Sungguh Kalian Akan Mengikuti Cara-cara Hidup Umat Sebelum Kalian, Sedepa Demi Sedepa, Sehasta Demi Sehasta, Sejengkal Demi Sejengkal, Sampai Mereka Masuk Lubang Biawakpun, Niscaya Kalian Akan Memasukinya Bersama Mereka". Para Sahabat Bertanya :"Apakah Mereka Itu Yahudi Dan Nasrani, Wahai Rasul". Beliau Menjawab:"Siapa Lagi?!"

 

BERITA FOTO

ARTIKEL

  • Dunia Digital Vs Dunia Nyata

    DALAM banyak kesempatan, saya mendengar kuatnya anggapan bahwa dunia maya (digital) berbeda dengan dunia nyata. Dunia digital dianggap… ..

    2017-07-25 15:28:46 1768 hits
Posting lainnya:

JAJAK PENDAPAT

Mohon kesediaannya mengisi quesioner. Darimanakah anda mendapatkan informasi tentang SMK Yuppentek 1 Tangerang ?

Brosur
Internet atau Website
Teman atau Kerabat
Media Sosial Seperti Facebook

Tampilkan Hasil Suara

Mohon kesediaannya mengisi quesioner. Darimanakah anda mendapatkan informasi tentang SMK Yuppentek 1 Tangerang ?

Brosur (34.3 %)

Internet atau Website (33.3 %)

Teman atau Kerabat (30.8 %)

Media Sosial Seperti Facebook (1.5 %)

(198 Suara)